Home » , , , » Cara Memasang Kotak Fanspage di Website Wordpress Tanpa Plugin

Cara Memasang Kotak Fanspage di Website Wordpress Tanpa Plugin

Diposting oleh Mas Is

facebook-like

Memasang kotak fanspage pada website selain dapat mempercantik tampilan website kita juga bisa sebagai salah satu sarana untuk memperbanyak like pada fanspage facebook yang kita kelola. Meskipun cara ini sudah cukup lama diterapkan, namun ternyata masih banyak orang yang belum tau caranya. Atau mungkin pernah juga dia memasang tapi tidak hafal langkah-langkahnya, sehingga ketika membuat website baru harus membaca lagi tutorial untuk memasangnya.

Kali ini mas-is.biz akan mengulang kembali tutorial untuk memasang otak fanspage facebook pada website yang menggunakan engine wordpress tanpa perlu menginstall plugin.

Kenapa tanpa plugin? Ya, meskipun jika Anda menggunakan plugin sebenarnya lebih mudah dan praktis, tetapi dengan tanpa menggunakan plugin ini akan membuat kinerja website Anda lebih ringan. Ok, kita langsung saja...

Memasang Facebook Like Fanspage di Wordpress Tanpa Plugin

Langkah pertama, pastinya Anda harus sudah punya fanspage terlebih dahulu. Ingat, bukan profil facebook ya...! Karena banyak yang coba-coba mau pasang sudha mengikuti tutorialnya tapi ga nyambung-nyambung, eh ternyata dia belum bikin fanspage. Dikiranya fanspage sama dengan profil, beda ya...!

Login dahulu facebook Anda, kemudian masuk ke link berikut ini: https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin

Copy dan pastekan link diatas pada browser Anda, maka akan muncul halaman seperti berikt ini:

cara-pasang-like-facebook

Disisi kiri silahkan Anda pilih Plugin Halaman

Kemudian scroll kebawah dan lakukan setting url fanspage Anda serta tampilannya sesuai dengan keinginan Anda.

cara-pasang-like-facebook

Setelah selesai setting sesuai dengan yang Anda inginkan silahkan klik Dapatkan Kode / Get Code dan Anda akan ditunjukkan jendela baru yang berisi dua script code. Silahkan Anda copy dulu script yang pertama.

cara-pasang-like-facebook

Cara memasang/menempatkan script code fanspage FB pada website

Bagaimana cara menempatkan kedua kode diatas? Berikut ini langkah-langkahnya:
Silahkan Anda login ke admin website Anda yang ingin dipasang kotak fanspage ini


login-website

Setelah login klik appearance >> editor (lihat gambar)



Kemudian di sebelah kanan layar Anda pilih Theme Header (header.php)



Jika sudah muncul kode baru, silahkan Anda cari tag <body>. Caranya bisa Anda tekan Ctrl + F kemudian ketikkan body.
Maka Anda akan menemukan seperti gambar di bawah ini, dan pastekan kode yang tadi Anda copy di bawah tag <body> (lihat gambar di bawah). Jika sudah jangan lupa klik update/save.



Sampai disini tahap satu sudah selesai, kemudian sekarang cara memunculkan kotak facebook like di website Anda. Silahkan kembali ke kode yang di dapat dari facebook tadi. Sekarang copy kode yang ke 2.

Setelah itu di dasboard website Anda silahkan pilih widget kemudian silahkan cari Text 


Kemudian Anda drag saja dimana Anda mau menempatkan. Bisa di footer atau sidebar. Jika sudah silahkan Anda buka dan pastekan kode ke 2 yang Anda dapat tadi kemudian save.



Silahkan Anda buka kembali halaman depan website Anda, dan tralala.... jadilah kotak facebook like sesuai yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat, silahkan like dan share agar teman yang lain mendapatkan manfaatnya dan Anda juga mendapatkan pahala berbagi ilmu.


2 komentar: